Mutasi Lokasi Tugas Guru PADAMU NEGERI (Dalam Kabupaten)

Mutasi Lokasi Tugas Guru PADAMU NEGERI (Dalam Kabupaten)

Seperti halnya mutasi lokasi tugas guru PADAMU NEGERI (Antar Kabupaten) yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, guru yang ingin memindahkan NUPTK-nya disebabkan pindah tempat tugas ke sekolah yang baru dan sekolah baru yang dituju tersebut masih berada dikabupaten yang sama dengan sekolah asal/yang lama, maka prosesnya sedikit lebih mudah jika dibandingkan mutasi lokasi tugas guru yang dilakukan antar kabupaten.

Prosedur Mutasi Lokasi Tugas

Langkah pertama, guru login menggunakan Siap ID bersangkutan melalui tombol menu Login PTKpilih menu Pindah Sekolah Induk dan klik tombol Cetak Surat Ajuan seperti gambar berikut ini :
Ajuan Mutasi
Seperti halnya mutasi antar kabupaten, prosedur ini juga akan meminta guru memilih/memasukkan NPSN sekolah yang dituju. Jika sudah ditemukan dan dipilih, dan guru memilih tombol Simpan, maka sistem akan mencetak dokumen ajuan pindah (SM01). Setelah menanda tangani SM01 dan diketahui oleh kepala serta distempel dengan stempel sekolah, selanjutnya guru akan mengantarkan surat ajuan pindah tersebut ke Dinas Pendidikan/Mapenda setempat. Operator Dinas/Mapenda akan mengentrykan kode ajuan pindah yang terdapat didalam SM01 pada dasboard dinas melalui menu Entri Formulir SM01 sebagai berikut :

Ini yang membedakan mutasi guru dalam kabupaten dengan mutasi guru antar kabupaten. Apabila mutasi antar kabupaten, setelah mengentrykan kode ajuan SM01, Dinas/Mapenda akan mencetak dokumen SM02, SM02 ini diserahkan kepada guru tersebut untuk diserahkan kepada operator Dinas/Mapenda kabupaten tujuan. Adapun mutasi guru dalam kabupaten, setelah guru menyerahkan SM01 kepada operator Dinas/Mapenda lalu operator Dinas/Mapenda mengentrykan SM01, maka sistem akan langsung menerbitkan SM03 untuk dicetak. Jika SM03 sudah tercetak, artinya proses mutasi telah selesai, guru hanya perlu melaporkan kepada operator sekolah tujuan. Pada dasboard operator sekolah tujuan, nama guru yang pindah tersebut telah tercantum sebagai guru baru yang dimutasikan kesekolah tersebut. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Poskan Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri