14.50
0

Cara Mudah Menentukan Arah Utara~Sobat semilir, masih bersumber dari sumber yang sama dengan artikel sebelumnya yaitu menentukan arah kiblat dengan bantuan matahari, kali ini saya akan sharing lagi bagaimana caranya kita menentukan arah utara sesungguhnya dengan bantuan matahari. Hal ini masih terkait dengan penentuan arah kiblat karena informasi arah kiblat relatif terhadap arah utara secara geografis, dalam hal ini arah utara yang sesungguhnya bukan arah utara kompas. Sebaiknya arah utara yang digunakan adalah arah utara geografis dan bukan arah utara kompas karena arah utara kompas dapat berubah-ubah setiap tahun karena pengaruh medan magnet disekitarnya meskipun perubahannya relatif sedikit. Apalagi menurut sumber tersebut, kutub utara magnet bumi juga tidak berhimpit dengan kutub utara rotasi bumi. Kutub utara magnet ini dinamis dan bergeser setiap saat. Karena itu, arah utara kompas tidak selalu menunjuk arah utara geografis. Sementara itu arah utara geografis inilah yang dirujuk pada berbagai peta untuk perhitungan arah kiblat.


Adapun cara mudah dan cepat untuk menentukan arah utara sesungguhnya yang saya ambil dari situs al-habib.info tersebut adalah sebagai berikut (gunakan asumsi gambar diatas) :

  1. Cara pertama yang cukup mudah dan cepat adalah dengan mengandalkan asumsi bahwa matahari bergerak dari timur ke barat (sebenarnya rotasi bumi menuju arah sebaliknya).
  2. Ambil tongkat atau apa saja yang bisa ditegakkan di atas tanah. Pilih permukaan yang rata dan datar (tidak miring). Usahakan mendirikan tongkat tersebut tegak selurus mungkin. Tongkat dengan ujung kecil atau runcing akan memberikan hasil yang lebih akurat.
  3. Beri tanda pada bayangan ujung tongkat. Misalnya dengan pensil, kapur atau tancapan pin atau paku. Usahakan tandanya sekecil mungkin pada ujung tongkat.
  4. Tunggu sekitar 10-15 menit. Bayangan akan sudah bergerak, namun tidak terlalu jauh. Beri tanda pada bayangan ujung tongkat.
  5. Hubungkan tanda pertama dengan ke dua dengan garis lurus. Itulah arah barat timur. Arah utara selatan dapat dibuat dengan garis yang tegak lurus arah barat timur. Jika anda berdiri di atas garis barat timur dan tanda pertama berada di sebelah kiri anda, maka anda sedang menghadap arah utara geografis.
Demikian sobat, semoga bermanfaat~Semilir hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri