14.58
0

Cara Akurat Menentukan Arah Utara~Sobat semilir, pada artikel sebelumnya kita sudah share bagaimana cara menentukan arah kiblat menggunakan matahari, dan dalam rangka mendapatkan arah utara sesungguhnya untuk kemudian kita aplikasikan untuk menentukan arah kiblat, kita juga sudah share artikel mengenai cara mudah menentukan arah utara, kali ini kita akan sharing lagi cara yang lebih akurat untuk menentukan arah utara tersebut. Masih dari sumber yang sama dengan dua artikel sebelumnya kali ini cara yang digunakan akan lebih akurat dibanding cara sebelumnya.


Adapun langkah-langkah yang dapat sobat lakukan adalah sebagai berikut (asumsi menggunakan gambar diatas) :

  1. Tegakkan tongkat lurus di atas tanah yang datar seperti cara mudah menentukan arah utara sebelumya. Namun anda harus mulai pengamatan bayangan paling tidak 1 jam sebelum tengah hari.
  2. Tandai bayangan ujung tongkat. Ukur panjang bayangan dengan penggaris atau seutas tali atau potong tongkat lain (kertas) sepanjang panjang bayangan. Atau sebagai alternatif, buatlah tanda lingkaran dengan titik tengah pangkal tongkat dan jari-jari sepanjang panjang bayangan tongkat. (Gunakan tali yang diikatkan pada pangkat tongkat sebagai alat bantu membuat lingkaran)
  3. Setelah lewat tengah hari, amati bayangan. Bayangan akan semakin panjang. Ukurlah bayangan tiap beberapa menit dan berilah tanda ujung bayangan jika bayangan tongkat telah sama dengan panjang bayangan pada saat pengukuran pertama. Atau jika anda menggunakan cara menggambar lingkaran, amati ujung bayangan hingga menyentuh garis keliling lingkaran dan tandailah tempat persentuhan saat itu.
  4. Hubungkan tanda pertama dengan ke dua dengan garis lurus. Sekali lagi, itulah arah barat dan arah timur. Arah utara selatan dapat dibuat dengan garis yang tegak lurus arah barat dan timur. Jika anda berdiri di atas garis barat timur dan tanda pertama berada di sebelah kiri anda, maka anda sedang menghadap arah utara geografis.
Demikian sobat, semoga bermanfaat~Semilir hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri