06.47
0

Hati-hati, Facebook Anda Di Hack~Sobat Semilir, rasanya sudah lama sekali saya tidak publish artikel buat sobat sekalian. Karena memang kesibukan kantor yang benar-benar menyita waktu dan pikiran. Seperti biasa, diawal tahun 2012 ini, kami ditugasi untuk melakukan verifikasi data calon guru peserta sertifikasi guru 2012 yang jumlahnya kurang lebih 7000 orang. Alhamdulillah, pekerjaan berat tersebut telah selesai, tinggal lagi menandatangani lembar A1 dan distempel untuk kemudian diserahkan kepada Dinas Kabupaten/Kota. Jumlahnya pun tidak tanggung-tanggung, 28.000 lembar. Jikalau sebelumnya saya sudah membahas cara menghilangkan notifikasi FB ke email, kali ini saya tidak akan bercerita mengenai sertifikasi guru, melainkan artikel mengenai kemanan penggunaan FB, yaitu Hati-hati, Facebook Anda Di Hack.
Kenapa judulnya hati-hati, karena penggunaan FB yang sembrono, khususnya pada komputer yang diakses secara bersama-sama seperti di warnet atau perkantoran, memungkinkan orang lain mengetahui Password atau kata sandi kita. Khususnya apabila sobat menggunakan Mozilla Firefox. Apabila orang lain mengetahui sandi FB kita, itu artinya segala rahasia, teman-teman, bahkan status yang akan menghancurkan pertemanan serta persahabatan serta pencitraan si empunya akun akan segera rusak jika si penyusup berniat jahat. Karenanya perlu tindakan hati-hati. Hal ini tidak hanya berlaku pada FB saja, tetapi pada semua situs yang memiliki form input password yang dibuka menggunakan Mozilla Firefox. Karenanya, selalu ingat ! Jangan lupa melakukan proses Logout ketika sobat telah selesai menggunakan dan mengakses sebuah halaman yang sebelumnya menghendaki user memasukkan akun dan kata sandi.


Bagaimana cara mengetahui kata sandi atau password sebuah halaman login yang dibuka menggunakan Mozilla Firefox seperti halnya Facebook ?



  1. Pertama-tama, ingat terlebih dahulu, bahwa password atau kata sandi yang tercatat adalah kata sandi atau password yang dimasukkan oleh pengguna yang paling akhir. 
  2. Buka Mozilla Firefox, lalu pilih menu Tools, Option, Security, lalu klik tombol Saved Password sehingga tampil seperti gambar diatas.
  3. Langkah terakhir, klik tombol Show Passwords, sehingga muncul pertanyaan seperti gambar berikut ini : 


Jika sobat menjawab Yes, maka Mozilla Firefox dengan senang hati akan menampilkan sandi-sandi yang sudah dimasukkan sebelumnya seperti gambar berikut ini :


Namun sobat, artikel diatas sebaiknya hanya difahami untuk pencegahan dini, jangan sampai akun FB kita di ambil alih oleh orang yang tidak bertanggung jawab, bukannya buat mengambil alih FB orang lain ya, karenanya waspadalah, jangan lupa melakukan proses Logout setiap kali kita telah melakukan proses Login sebuah halaman situs menggunakan Mozilla Firefox. Semoga bermanfaat~Semilir hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri