21.28
0

Tuliskan Salam Dengan Benar~Sobat semilir, saya yakin diantara kita pernah menerima pesan singkat atau SMS yang diawali dengan tulisan ini "ASS" atau "Ass" atau "ass". Apakah maksudnya adalah singkatan dari Assalaamualaikum yang merupakan ucapan salam dimana salam ini merupakan do'a permohonan keselamatan kepada Allah 'Azza Wajalla dari orang yang mengucapkan agar dilimpahkan kepada orang yang dituju atau bukan, saya tidak tahu. Namun barangkali maksudnya demikian.
Sesama muslim kita dianjurkan untuk saling mendo'akan, saling bertegur sapa sebagaimana sebuah hadits Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wasalam yang berbunyi "Jika salah seorang di antara kalian bertemu dengan saudaranya, maka hendaklah dia mengucapkan salam. Jika keduanya dipisahkan oleh pohon, dinding, atau batu, lalu bertemu kembali, maka hendaklah dia mengucapkan salam lagi." (HR. Abu Dawud dari Abu Hurairah ra). Ini merupakan sunnah yang mulia yang diperintahkan oleh baginda Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wasalam. Sehingganya mengucapkan salam ini merupakan ibadah.
Suatu amalan dikatakan bernilai ibadah jika memenuhi syarat yang salah satunya adalah harus ada tuntunan secara syar'i. Tidak cukup hanya dengan dilandasi niat baik. Kalau kita analogikan seorang wanita yang melacurkan dirinya dengan niat membelikan susu buat anaknya yang masih bayi. Niatnya baik bukan ? Tetapi caranya salah. Sama halnya dengan ucapan salam melalui HP, BBM, Fesbuk dan sebagainya tersebut. Tidak cukup hanya dengan niat baik saja bahwa tulisan ASS tersebut dimaksudkan sebagai singkatan dari Assalaamualaikum. Apakah do'anya tersampaikan seperti yang dimaksud ? Wallahu A'lam. Namun paling tidak coba kita telaah sedikit sobat semilir. Mari kita buka Google Translate, gak perlu buka kamus, meskipun ini merupakan ungkapan umum, coba saja ketikkan di  Google Translate  apa arti ASS. Maka sobat semilir akan mendapati arti seperti berikut ini :


Nah, coba kita simak saja sedikit, apakah kira-kira do'a yang kita harapkan benar-benar sampai kepada orang yang dimaksud ? Wallahu A'lam. Ibadah bukan sebuah kegiatan seremonial, lip service atau kamuflase. Dianya bukan pelengkap cerita, dimana biasanya seorang ketika mengirimkan pesan singkat atau menelpon diawali dengan mengucapkan salam. Salam merupakan ibadah mulia yang dianya jika dikerjakan menurut tuntunan sunnah dan didasari dengan niat ikhlas karena Alla 'Azza Wajalla, maka Dia akan membalas dengan pahala dan hikmah-hikmah yang luar biasa yang ilmu kita tidak dapat merangkumnya. Boro-boro do'a, jikalau kita lihat arti yang tertera dari Google Translate justru kebalikannya, kita menyebut orang yang kita tuju dengan p****t, keledai, b****g, b***t, orang bodoh, orang dungu, na'uzubillah.
Jadi sobat, jikalau kita ingin menjadi orang Islam yang benar, jangan ikut-ikutan orang yang justru akan membawa kita masuk kejalan yang menyesatkan kita. Beberapa detik yang kita gunakan untuk menulis ucapan salam yang lengkap akan menghantar kita kepada Rahmat Allah 'Azza Wajalla dalam persaudaraan sesama umat InsyaAllah, karenanya jangan singkat tulisan salam, tulislah dengan lengkap. Wallahu A'lam, semoga bermanfaat~Semilir hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri