08.39
0

Ketika Gagasan Anda Ditentang~Berbeda pendapat itu merupakan hal yang biasa dalam kehidupan sosial bermasyarakat maupun dalam aktifitas kerja di perkantoran. Orang berkata rambut sama hitam, tetapi isi pikiran berbeda-beda. Namun ada juga orang yang ketika gagasannya ditentang oleh orang lain, egonya muncul, emosinya naik sehingga pertimbangan akal sehat pun tersingkirkan. Tidak jarang terjadi benturan fisik akibat hal ini.
Ketika benturan tersebut terjadi pada sesama rekan kerja atau teman sekantor, bisa-bisa kinerja perusahaan terganggu, karena para anggotanya bekerja tidak dengan nyaman dikarenakan munculnya perbedaan-perbedaan yang menimbulkan friksi.
Agar tidak terjadi friksi di tempat sobat bekerja diakibatkan oleh perbedaan gagasan yang berbenturan atau ketika gagasan sobat ditentang oleh pihak lain ditempat kerja, maka sebaiknya yang harus dilakukan adalah :

  1. Tetaplah bersikap tenang. Perlihatkan wajah yang penuh perhatian terhadap lawan bicara yang menentang gagasan sobat, dan jangan memperlihatkan mimik atau sikap perlawanan atau pertentangan.
  2. Dengarkan dengan seksama argumentasi dari rekan-rekan sobat baik yang menentang gagasan sobat maupun tidak. Jangan sekali-kali menyela pembicaraan rekan karena hal ini dapat membuat pihak yang berbicara tersinggung.
  3. Ketika gagasan sobat dikritik ataupun ditentang, tentu ada alasan-alasan yang melandasinya, jangan buru-buru balik menentang, cobalah simak dengan seksama dan jadikan hal itu sebagai masukan. Hindari dan jangan sekali-kali mengejek atau menyindir atau mengecilkan pendapat orang lain, bisa jadi pendapat orang lain tersebut adalah pendapat yang lebih benar jika dibandingkan dengan pendapat sobat.
  4. Berdiskusilah, kembalikan kepada anggota rapat, argumentasi dari pihak-pihak yang menentang sobat, diskusikan pertentangan tersebut dengan hati dan kepala dingin, agar muncul ide-ide baru untuk kemudian tarik kesimpulan secara bersama-sama.
  5. Kompilasi gagasan anda dengan alasan-alasan pihak yang menentang, mudah-mudahan muncul gagasan baru yang dapat diterima oleh semua pihak.
Demikian sobat, untuk apa berselisih jika pendapat atau gagasan kita ditentang pihak lain, karena pertentangan ini hanya akan menimbulkan perpecahan. ~Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri