08.26
2

10 Kiat Melamar Pekerjaan Bagi Fresh Graduate~Bulan Juni hingga Agustus setiap tahunnya merupakan jadwal rutin pelaksanaan pengukuhan gelar kesarjanaan S1 alias wisuda mahasiswa pada umumnya perguruan tinggi di Indonesia. Pada kesempatan tersebut mahasiswa yang dinyatakan lulus akan sangat bergembira menghadiri yudisium hingga acara pengukuhan. Tak kurang dari keluarga berupa Ayah Bunda hingga adik kakak beserta sanak familiy turut hadir menyaksikan seremonial acara.
Namun setelah acara selesai, dan hingar bingar sesi pemotretan antar keluarga dan alumni berakhir, para undangan beserta mahasiswa kembali ketempat masing-masing, kegembiraan tadi berubah menjadi kegalauan, ya, bak post power sindrome, perubahan status yang sebelumnya mahasiswa menjadi sarjana menimbulkan kepanikan tersendiri bagi sebagian orang, perjuangan yang sesungguhnya baru dimulai, sebagai ajang pembuktian atas apa yang selama ini dituntut, bagi sebagian mahasiswa mereka akan mulai berjuang mencari pekerjaan, mengirim lamaran kesana dan kemari dengan harapan secepatnya memperoleh pekerjaan sehingga subsidi yang selama ini diberikan orang tua, dapat digantikan dengan penghasilan sendiri. Malu dong, sudah sarjana tetapi tetapi menunggu jatah kiriman bulanan sebagaimana mahasiswa.
Berikut ini saya sampaikan 10 Kiat Melamar Pekerjaan Bagi Fresh Graduate agar segera dapat memperoleh pekerjaan :

  1. Carilah alternatif lowongan pekerjaan sebanyak mungkin, apakah melalui media cetak seperti surat kabar, pengumuman di kantor POS, Disnaker maupun melalui media elektronik seperti internet, radio atau bahkan melalui informasi teman, saudara, tetangga ataupun kerabat yang telah bekerja terlebih dahulu.
  2. Simak dengan seksama dan secara teliti, kualifikasi apa saja yang dibutuhkan pada sebuah lowongan pekerjaan.
  3. Cari bidang pekerjaan yang sesuai dengan bidang minat dan bakat serta keilmuan, atau paling tidak linier.
  4. Hobi juga bisa menjadi landasan untuk mencari bidang pekerjaan yang akan dilamar. Apalagi jika hobi tersebut pernah menorehkan prestasi, seperti misalnya pernah menjuarai lomba pemrograman, lomba perancangan website, lomba beladiri dst. Hal ini akan menjadi catatan dan nilai tambah sendiri terhadap nilai jual diri kita.
  5. Buat daftar bidang keahlian atau profesi yang mungkin kita lamar yang sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Jangan satu dua bidang saja. Semakin banyak semakin baik, karena peluang kita akan menjadi besar, dan banyak alternatif yang dapat dijadikan pilihan jika satu bidang gagal.
  6. Jangan segan memperlihatkan prestasi dan pengalaman organisasi yang pernah dilakoni.
  7. Jangan pernah takut untuk bersaing dengan pelamar lain yang lebih berpengalaman. Toh jikalau gagal, kegagalan tersebut menjadi pengalaman berharga untuk melamar ditempat lain.
  8. Jangan lupa berdo'a kepada Allah 'Azza Wajalla dan memohon do'a restu dari ayah bunda, karena ikhtiar saja tidak cukup, ikhtiar harus dibarengi dengan do'a.
  9. Jangan pernah menyerah dan putus asa, jika gagal coba terus dan terus.
  10. Jangan pernah gengsi untuk melamar pekerjaan pada satu bidang tertentu. Bisa saja bidang pekerjaan tersebut adalah sebagai jalan untuk kita memperoleh pekerjaan yang jauh lebih baik, toh pengalaman yang kita peroleh dapat menambah CV kita.
Sekian dulu 10 kiat yang dapat sobat semilir terapkan, semoga sobat segera memperoleh pekerjaan yang diharapkan~Semilir hati.

2 comments:

  1. Saat wisuda selesai, perjuangan nyata dimulai. waktunya menunjukkan kemampuan dan bakat yang ada.

    BalasHapus
  2. Selamat gan, wisuda uda, kini waktunya untuk melanjutkan perjuangan, moga-moga cepat dapat pekerjaan atau bahkan membuat lapangan pekerjaan ya gan :)

    BalasHapus

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri