08.39
0

Tidur Yang Berbahaya~Sobat Semilir, sejatinya kegiatan tidur merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan jika dilakukan sesuai porsinya dan pada keadaan yang dapat membuat tubuh kita dapat beristirahat dengan sebaik-baiknya. Kegiatan ini sangat diperlukan tubuh untuk mengembalikan kondisi tubuh atau rekondisi agar kembali segar, fit dan ceria serta siap untuk kembali beraktifitas. Disamping itu kegiatan ini juga diperlukan untuk memulihkan kembali atau meregenerasi jaringan dan sel-sel tubuh yang telah rusak, memperlancar produksi hormon, mengistirahatkan anggota-anggota tubuh, meningkatkan stamina dan orang yang tidurnya sempurna tidak akan mudah terserang penyakit. Orang yang kekurangan waktu tidurnya dikarenakan kegiatan yang tidak bermanfaat maka tubuhnya akan lemas, tidak bercahaya, serta pemulihan kesehatan yang lamban, cepat mengantuk, kulitnya kusam, gampang sakit, emosi tidak stabil bahkan berpotensi besar terserang paru-paru basah sebagai akibat bergadang. Berbeda jika hal ini dikarenakan kegiatan ibadah yang dilakukan di malam hari seperti ibadah tahajjud di sepertiga malam yang akhir misalnya. Demikian juga sebaliknya, bagi mereka yang tidur berlebihan tubuhnya bukan kembali segar seperti yang diharapkan tetapi justru akan menjadi letih dan lelah.
Disamping porsi tidur yang cukup, beberapa hal lain yang harus diperhatikan adalah keadaan yang dapat membuat tubuh benar-benar dapat beristirahat dengan sempurna. Jangankan kesegaran justru maut mengancam bagi mereka yang mengabaikan beberapa hal yang menjadi catatan saya dari beberapa pengalaman yang ada disekitar saya :
  1. Jangan sekali-kali tidur didalam mobil dimana kondisi mobil terparkir dalam jangka waktu lama dengan keadaan AC hidup serta mesin mobil menyala sementara seluruh jendela tertutup rapat. Apabila terjadi kebocoran gas dari pembakaran masuk kedalam ruangan mobil, maka hal ini dapat menyebabkan kematian secara perlahan-lahan orang yang tidur didalamnya. Sudah banyak kejadian dan berita yang kita dengar ketika ditemukan kendaraan dalam keadaan hisup dan seluruh jendela terkunci sementara penumpangnya ditemukan sudah tak bernyawa seolah-olah dalam posisi tidur dengan tenang.
  2. Jangan sekali-kali tidur didalam mobil dimana mesin mobil dalam keadaan hidup sementara mobil berada didalam ruangan atau garasi yang tertutup tanpa ventilasi yang cukup untuk sirkulasi udara. Hal ini juga dapat berujung kematian.
  3. Jangan tidur didepan televisi dimana televisi dalam keadaan hidup. Televisi dengan teknologi tabung akan memancarkan radiasi yang akan terpapar langsung bagi siapa yang ada didepannya apalagi bagi mereka yang tertidur. Tidak hanya itu, hal ini juga akan berdampak pada membengkaknya tagihan listrik. Untuk meredam radiasi yang dipancarkan oleh televisi tidak ada salahnya sobat meletakkan bunga lidah mertua didekat televisi.
  4. Jangan tidur dengan menutup seluruh wajah dengan selimut, dikarenakan sirkulasi udara yang tidak sempurna. Jikalau ruangan penuh dengan nyamuk, sebaiknya gunakan kelambu atau letakkan tanaman pengusir nyamuk.
  5. Jangan tidur dalam keadaan perut kenyang karena dapat merusak fungsi dan kerja jantung.
  6. Jangan tidur dalam keadaan headset walkman atau yang sejenisnya terpasang ditelinga. Hal ini dapat merusak gendang telinga disamping itu otak kita akan tetap bekerja, dimana seharusnya hanya beberapa bagian saja yang bekerja, tetapi dikarenakan ada suara menyebabkan otak tetap bekerja penuh.
  7. Jangan tidur didalam ruangan yang dipenuhi dengan tanam-tanaman dikarenakan dimalam hari, tanaman mengeluarkan gas karbondioksida yang merupakan racun bagi tubuh kita.
  8. Jangan tertidur dalam keadaan tertelungkup karena posisi tidur yang seperti ini adalah posisi tidur yang dibenci sebagaimana hadits dari tikhfah Al-Ghifari Radhiyallahu 'Anhu bahwa Rasulullah Sallallaahu 'Alaihi Wasallam pernah menjumpaiku dalam keadaan tidur tertelungkup dimasjid, maka Beliau Sallallaahu 'Alaihi Wasallam menggerakkan ku dengan kakinya seraya berkata "mengapa engkau tidur seperti ini ? Ini adalah posisi tidur yang dibenci dan dimurkai oleh Allah. (HR. Ibnu Majjah). Dan sebagaimana yang kita ketahui setiap hal yang dilarang oleh Allah dan Rasulnya kepada kita, pasti padanya terdapat mudharat yang akan menimpa kita Wallaahu A'lam.
  9. Jangan tidur dengan meletakkan Handphone berada disamping kepala. Karena paparan radiasi HP tersebut dalam jangka waktu lama akan berakibat buruk pada kesehatan kita.
  10. Jangan tidur sebelum waktu shalat Isya karena dianya adalah waktu terlarang untuk tidur sebagaimana hadits dari Abu Barzah Radhiyallaahu 'Anhu beliau berkata adalah Rasulullah Sallallaahu 'Alaihi Wasallam membenci tidur sebelum shalat isya dan berbincang-bincang setelahnya. (HR. Bukhari Muslim). Ntar kalau tidurnya nyenyak bisa-bisa shalat isyanya bolong.
  11. Jangan tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari semestinya. Karena hal ini akan mengganggu saluran pernafasan kita. Salah satunya adalah ngorok yang dapat mengganggu orang yang tidur seruang dengan sobat.
Demikian beberapa catatan saya mengenai tidur. Jangan lupa untuk berwudhu dan berdoa sebelum tidur agar tidur kita diberkahi Allah Azza Wajalla. Selamat istirahat sobat, semoga bermanfaat...

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri