07.36
4

Menghitung Bobot Ideal Tubuh~Sobat semilir, apakah anda termasuk kedalam kelompok orang yang dipusingkan dengan bobot tubuh karena merasa tidak ideal ? Terlalu gemuk ? Atau sebaliknya terlalu kurus ? Berbeda halnya dengan kegemukan, kekurusan tidak serta merta dapat dinilai hanya dengan melihat penampilan luarnya saja. Untuk menentukan hal ini perlu kita lakukan pengukuran. Parameter-parameter yang dapat kita manfaatkan adalah bobot itu sendiri dan tinggi badan sobat. Dari perhitungan dua parameter tersebut kita bisa melihat apakah bobot tersebut ideal atau tidak. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah Index Massa Tubuh (IMT) dengan rumus sebagai berikut :


Menurut standar WHO, klasifikasi IMT adalah sebagai berikut :

  1. Underweight berat : IMT < 6
  2. Underweight sedang : IMT berkisar antara 16.0 - 16.99
  3. Underweight ringan  : IMT berkisar antara   17.0 - 18.49
  4. Berat normal  : IMT berkisar antara   18.5 - 22.9
Metode lain yang bisa digunakan adalah metode Broca yaitu dengan menghitung bobot badan menggunakan rumus :

Bobot Badan Ideal (kg) = 90% x {tinggi badan (cm) - 100} x 1 kg

Khusus untuk pria dengan tinggi badan kurang dari 160 cm dan wanita dengan tinggi kurang dari 150 cm, maka rumus yang dapat digunakan adalah :

Bobot Badan Ideal (kg) = {tinggi badan (cm) - 100} x 1 kg


Menurut perhitungan Broca ini, seseorang digolongkan Underweight jika bobot badannya kurang dari 90% bobot badan ideal.
Nah sobat, sekarang sobat dapat menghitung bobot sobat ideal atau tidak. Jadi tidak cukup hanya dilihat sepintas dari penampilan fisik saja. Sebenarnya tidak perlu pusing dengan apa yang telah dianugerahkan oleh Allah Azza Wajalla. Jikalau kondisi anda sehat walafiat dan dapat beraktifitas dengan normal serta tetap enerjik, kenapa tidak ? Yang perlu diwaspadai adalah jika underweight tersebut sebagai implikasi dari sebuah penyakit yang diderita. Kekurusan biasanya berkaitan erat dengan kurangnya nafsu makan. Hal ini bisa disebabkan oleh penyakit infeksi kronis seperti TBC, gangguan hipertiroid, gangguan pencernaan, kanker dll. Kalau sudah begitu segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mengobati sumber masalahnya terlebih dahulu. Jika sudah sembuh, tinggal melakukan terapi nutrisi untuk kembali mencapai bobot ideal. Semoga bermanfaat.

4 comments:

  1. ane harus kurangin makan nih gan :D

    BalasHapus
  2. Hahaha, kalo yang overweight, asalkan berimbang, gak gede diperut saja, badan sehat secara medis dan dapat beraktifitas secara enerjik, gak apa-apa gan, semangat aja

    BalasHapus
  3. Masih ideal tapi mendekati gemuk sedikit lagi heee XD

    ketahuan suka ngemil saya wkwkwkwk...

    BalasHapus

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri