00.03
0

Ramuan Alami Mengatasi Diare~Sobat semilir, kita tentu sangat mengenal penyakit diare yang dimasyarakat lebih dikenal dengan penyakit mencret, merupakan gejala gangguan sistem pencernaan akut. Biasanya sang penderita akan mengalami buang air besar yang encer dengan frekuensi lebih dari 3 (tiga) kali sehari. Kita khususnya orang tua mesti menaruh perhatian yang serius apabila anak-anak kita mengalami penyakit ini, sebab kehilangan cairan elektrolit tubuh yang berlebihan dapat melemahkan badan bahkan mengancam jiwa.
Beberapa penyebab penyakit diare ini yang mesti kita ketahui adalah :

  1. Yang umum adalah kuman yang terdapat didalam makanan dan minuman yang tidak higienis.
  2. Sebagai efek samping dari terapi penyinaran sianar rontgen.
  3. Tubuh yang tidak tahan terhadap antibiotik ketika dalam proses pengobatan penyakit tertentu, dimana antibiotik ini justru membasmi bakteri "baik" yang hidup diusus.
  4. Alergi susu.
  5. Infeksi bakteri atau virus yang menyertai penyakit lain.
  6. Juga dapat disebabkan oleh konsumsi alkohol. Bukankah didalam Al-Quran meminum alkohol ini sangat diharamkan ?
  7. Bisa juga disebabkan oleh intoleransi atau malarbsorbsi terhadap makanan tertentu yang berlemak, mengandung laktosa atau pedas.
  8. Bisa juga disebabkan oleh infeksi diluar usus.
Dan banyak penyebab lain yang bisa menimbulkan hal ini, yang dapat menganalisa hal tersebut tentu pak dokter. Namun sebagai tindakan pencegahan ketika anak-anak dirumah terserang diare adalah, segeralah mengambil tindakan pengobatan sementara, dapat menggunakan ramuan-ramuan alami berikut ini :
  1. Ramuan 1. 1 jari kunyit (Curcuma Domestica), 10 g Gambir (Uncaria Gambir). Tambahkan sedikit kapur sirih kemudian tumbuk halus. Setelah halus tambahkan air masak dan peras. Air perasannya sekitar secangkir diminum 2 x sehari.
  2. Ramuan 2. Daun teh (Camelia Sinesis) 1/2 gelas diseduh dengan air panas menjadi 1 gelas. Minum 3 x sehari. Jika tidak ada daun teh, tidak mengapa gunakan bubuk teh yang banyaknya 1/2 gelas.
  3. Ramuan 3. Daun kering kayu putih (Melaleuca Leucadendron) 6-10 g direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, setelah dingin disaring dan diminum.
  4. Ramuan 4. Akar pare (Momordica Charantia) yang masih segar (30 g) dicuci bersih, dipotong-potong, rebis dengan air 3 gelas. Setelah tersisa 1 gelas, dinginkan, saring dan beri sedikit gula, lalu diminum.
  5. Ramuan 5. Buat jus dari 3 buah jambu biji (Psidium Guajava) yang telah dibuang bijinya ditambah 1 buah apel yang dikupas kulitnya. Tambahkan air 300 cc dan madu secukupnya. Minum 2-3 x sehari.
Sebenarnya banyak sekali pengobatan tradisional untuk diare yang dipraktekkan oleh masyarakat kita. Tidak ada salahnya mencoba salah satu ramuan diatas. Sebahagian masyarakat juga ada yang coba mengatasi diare dengan memakan kerupuk kulit atau memakan buah salak. Hal ini hanya mengeraskan feses yang keluar tetapi tidak membunuh bakteri penyebab diare. Yang lebih baik adalah tindakan pencegahan, dengan menjaga kebersihan makanan dan minuman kita, baik dirumah apalagi jajanan anak-anak kita, dan yang paling gampang adalah, biasakan mencuci mtangan dengan sabun sebelum makan atau sekembalinya kerumah setelah beraktifitas seharian diluar rumah. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri