06.21
0

Indonesia Flight Board Di Genggaman~Sobat semilir, apa kabar ? Anda akan melakukan perjalanan atau keluar kota menggunakan angkutan udara ? Sudah ada cara mudah cari tiket pesawat. Anda hanya perlu survey harga tiket maupun jadwal penerbangan langsung dari gadget android sobat. Jika sudah menemukan harga dan maskapai yang cocok, segera hubungi biro perjalanan anda untuk membooking atau langsung membeli tiket perjalanan yang dimaksud.
Ketika tiket keberangkatan sudah ditangan dan sobat akan berangkat sesuai dengan jadwal yang ditentukan, tentu sobat akan segera meluncur ke bandara untuk melakukan proses checkin, boarding dan menikmati penerbangan hingga tujuan. Tetapi terkadang ada hal-hal yang menjadi kendala didalam perjalanan menuju bandar udara. Jalanan macet misalnya, atau kendaraan yang ditumpangi mogok. Sementara waktu checkin yang tertera di tiket sudah dekat. Nah sobat, ada sebuah aplikasi yang dapat membantu sobat memantau status keberangkatan pesawat-pesawat yang ada disebuah bandara. Layaknya sobat berada dihadapan layar monitor besar yang menampilkan flight board yang berisi status keberangkatan, status kedatangan, status checkin, status boarding hingga status delay, semua dapat ditampilkan dalam perangkat genggam berbasis android sobat. Aplikasi tersebut bernama Indonesia Flightboard. Tapi sayang, saya berdomisili di Kota Pekanbaru, tetapi bandar udara Sultan Syarif Kasim Pekanbaru justru belum terdaftar didalam sistem. Namun tidak apa, mudah-mudahan bandara SSK segera terdaftar didalam sistem. Adapun bandara yang dapat dipantau melalui aplikasi ini adalah :

  1. Juanda (SUB) Surabaya
  2. Juwata (TRK) Tarakan
  3. Kalimarau (BEJ) Berau
  4. Melonguane (MNA) Talaud
  5. Minangkabau (PDG) Padang
  6. Mutiara (PLW) Palu
  7. Ngurah Rai (DPS) Denpasar
  8. Polonia (MES) Medan
  9. Raden Inten II (TKG) Lampung
  10. Rahadi Osman (TKG) Ketapang
  11. Raja Haji Fisabilillah (TNJ) Tanjung Pinang
  12. Sentani (DJJ) Jayapura
  13. Sepinggan (BPN) Balik Papapn
  14. Sutta (CGK) Cengkareng
  15. Sultan Babullah (TTE) Ternate
  16. Sultan Hasanuddin (UPG) Ujung Padang
  17. Sultan Mahmud Badaruddin (PLM) Palembang
  18. Syukuran Aminuddin Amir (LUW) Luwuk
Sobat dapat memperoleh aplikasi ini secara langsung gratis melalui Android dengan KW Indonesia Flight Board, meskipun hingga penulis memuat catatan ini baru penerbangan dalam negeri yang dapat dipantau menggunakan aplikasi ini, namun aplikasi ini benar-benar bermanfaat buat sobat yang selalu melakukan perjalanan menggunakan pesawat udara. Adapun Indonesia Flightboard dapat sobat lihat seperti gambar berikut ini :


Setelah sobat melakukan instalasi, yang perlu sobat lakukan adalah memilih bandar udara yang ingin dimonitor. Sobat tinggal klik icon pesawat yang ada sehingga muncul pilihan bandar udara yang ada seperti gambar berikut ini :


Setelah itu, sobat tinggal memilih departure/keberangkatan maupun arrival kedatangan pada bandar udara yang telah dipilih dengan cara memilih tombol berbentuk pesawat take off untuk domestic departure dan bentuk pesawat landing untuk domestic arrival.





Adapun bagi sobat yang ingin mengetahui informasi rinci mengenai checkin status, boarding status dari sebuah tujuan penerbangan, sobat tinggal klik salah satu jadwal penerbangan dan klik menu Info sehingga muncul Nomor penerbangan, tujuan, pintu keberangkatan dan estimasi jadwal keberangkatan seperti gambar dibawah ini.


Bagaimana sobat, mudah bukan, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri