01.21
0

Nilai Rata-Rata Hasil UKA 2012~Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya mengenai jadwal pengumuman hasil UKA 2012 yang jika tidak ada perubahan akan dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini kemdikbud pada tanggal 18 Maret 2012. Namun demikian, seperti yang telah disampaikan oleh menteri kementerian dan kebudayaan Bapak M. Nuh, bahwa pelaksanaan UKA 2012 cukup memberikan hasil kredibel. Kemdikbud sendiri telah merilis hasil rata-rata Ujian Kompetensi Awal 2012 ini. Dari hasi; rekapitulasi secara nasional diketahui hasil rata-rata UKA secara nasional masih sangat rendah, yaitu 42,25 dengan nilai tertinggi yang diperoleh adalah 97,0 dan nilai terendah adalah 1,0. Hasil rata-rata ini diperoleh dari hasil pelaksanaan UKA seluruh peserta (guru) mulai dari jenjang Taman Kana-kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Menurut data Kemdikbud sendiri, pada tahun 2012 jumlah peserta UKA adalah sebanyak 285.884 orang. Akan tetapi, dari jumlah tersebut hanya 281.016 (98 persen) peserta yang mengikuti UKA, sementara sisanya sebanyak 4.868 (1,70%) batal mengikuti dengan berbagai alasan.
Meskipun hasil perhitungan rata-rata telah dirilis oleh Kemdikbud melalui harian Kompas yang telah dirilis, namun pengumuman hasil yang ditunggu-tunggu oleh guru-guru peserta UKA baru akan dikeluarkan pada tanggal 18 Maret 2012 melalui situs sergur.kemdiknas.go.id jika tidak ada perubahan tentunya.
Pengumuman ini nantinya bukan berarti guru yang dinyatakan lulus sudah langsung dinyatakan lulus sertifikasi, namun ini baru tahap awal dari proses selanjutnya yaitu PLPG, dimana jika guru peserta sergur dinyatakan lulus dari PLPG barulah dapat dikatakan lulus sertifikasi dan dapat memperoleh dana tunjangan profesi guru.
Guru yang dinyatakan lulus sertifikasi guru nantinya dan telah memiliki sertifikat profesi pendidik akan diberikan dana tunjangan sebesar 1 x gaji bagi guru PNS dan Rp. 1,5 juta bagi guru-guru NON PNS. Adapun jumlah guru yang akan disertifikasi tahun ini sesuai dengan anggaran sertifikasi Kemdikbud adalah sebanyak 250.000 orang guru seluruh Indonesia. Jadi darai data diatas dapat kita perkirakan bahwa jumlah guru yang akan gugur pada proses UKA ini maksimal adalah 35.884 orang. Ini bukan angka final, karena pada proses PLPG masih ada guru yang akan gugur secara akademis apabila tidak memenuhi kriteria kelulusan. Artinya, peluang untuk lulus masih terbuka lebar. Jika dirata-ratakan secara nasional maka diperkirakan jumlah guru yang akan gugur pada tiap propinsi dari 32 propinsi yang ada adalah 1121 orang, meskipun ini bukan ketentuan, ini hanya perkiraan saja. Propinsi Riau sendiri yang jumlah kabupatennya adalah 19, maka rata-rata jumlah guru yang akan gugur diperkirakan adalah 59 orang. Hal ini jika guru yang akan gugur tersebut dikuotakan. Mudah-mudahan, peluang itu masih ada, dan kita berharap, semoga Bapak/Ibu guru yang telah berusaha maksimal pada UKA dapat lulus dengan baik.

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri