04.05
0

Blackberry Jatuh Ke Air~Sobat semilir, tanpa sengaja kemarin gadget Blackberry saya jatuh kedalam air. Betapa kaget dan terkejut saya ketika menyadari hal ini, betapa tidak, gadget Blackberry Apollo yang belum berapa lama saya beli ini terendam didalam air. Sudah terbayang sejumlah uang yang harus saya keluarkan untuk "memulihkan" handphone saya ini, bahkan sudah terbayang kerelaan jika seandainya tidak bisa diperbaiki karena hubungan singkat listrik dari batterenya. Namun Alhamdulillah, smartphone saya ini sudah kembali pulih dan berfungsi seperti sediakala tanpa ada kerusakan sedikitpun. Mudah-mudahan, catatan ini dapat menjadi tindakan pertolongan pertama seandainya Blackberry Jatuh Ke Air.

  1. Segera ambil handphonenya dan buka secepat mungkin battery nya. Jangan coba-coba untuk mengecek, apakah HP nya rusak atau tidak dengan cara menghidupkan, karena, jika battery tetap terpasang dimana HP dalam keadaan basah, maka akan terjadi hubungan singkat arus listrik pada sirkuit. Semakin cepat battery dicabut, maka semakin baik, artinya semakin besar harapan gadget sobat diselamatkan dari kerusakan.
  2. Keringkan dengan kain atau kertas tissue sambil digoyang-goyang untuk mengeluarkan air yang tersisa didalam HP. Jangan gunakan hair dryer. Jangan diletakkan diatas benda panas, karena hal ini sebenarnya justru akan semakin merusak perangkat BB tersebut. Walau bagaimanapun, tidak ada garansi perangkat handphone manapun apabila HP terendam air. Garansi akan batal.
  3. Setelah diusahakan untuk mengeringkan HP dengan menggunakan tisu dan digoyang-goyang, jika ada gunakan silica gel. Dimana silica gel ini akan menyerap air benda-benda yang ada didekatnya. Namun saya yakin, silica gel ini jumlah nya hanya terbatas pada bungkus-bungkus kecil perangkat elektronik yang ada dirumah. Sebagai pengganti arbsorber dapat digunakan beras. Bungkus HP menggunakan tissu, dan simpan didalam beras. Biarkan disana paling cepat 12 jam. InsyaAllah tindakan ini akan menyerap air yang masih ada didalam HP.
  4. Setelah itu bawa ke service resmi atau yang terpercaya. Jangan service amatiran, karena tindakan yang diambil oleh service amatiran adalah membuka segel jika ada, membuka baut dan seluruh komponen yang ada untuk dikeringkan menggunakan hair dryer. Ditempat service resmi, sudah ada alat pengering khusus dimana HP yang basah tadi tidak perlu dibuka bautnya, bahkan segelnya. Waktunyapun cukup singkat, pada kasus saya cukup 15 menit saja proses pengeringannya. Dan biayanya pun cukup murah, ditempat saya bianya hanya 35 ribu saja
  5. Langkah terakhir, pasang kembali batery dan cobalah untuk menghidupkan. InsyaAllah, jika tidak terendam lama, HP sobat akan kembali nyala seperti semula, dari beberapa kasus yang saya lihat, paling-paling yang bermasalah adalah keyboard, touchpad, atau paling parah LCD juga ikut diganti. Namun yang paling penting adalah tindakan nomor 1. Secepat mungkin melepas batterynya, sehingga korsleting arus listriknya tidak terjadi lama sehingga sampai merusak komponen yang ada.
Demikian sobat, jangan sampai berharap untuk mencoba hal ini. karena belum tentu gadget sobat seberuntung gadget saya yang Alhamdulillah dapat digunakan kembali seperti biasa.

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri