16.32
0

Jika Nervous Datang~Siapapun tentu pernah merasakan nervous. Apalagi disaat-saat genting misalnya ketika akan wawancara ketika melamar pekerjaan disuatu perusahaan, atau ketika akan menampilkan presentasi untuk pertama kali, atau ketika akan memberikan paparan akhir pada ujian kompetensi skripsi maupun thesis. Jangan anggap remeh perasaan nervous ini, karena perasaan ini akan menghancurkan segalanya, termasuk persiapan yang sudah kita persiapkan dengan matang malam sebelumnya. Bahkan bisa-bisa presentasi kita gagal, karena tim penilai/penguji/pewawancara menilai kita tidak siap secara mental.
Karenanya barangkali beberapa tips berikut dapat membantu sobat yang mengalam nervous atau demam panggung ketika akan melakukan presentasi penting.

  1. Ambil segelas air putih, minum dengan tenang, setelah itu tarik nafas dalam-dalam. Hembuskan kembali, mudah-mudahan nervous akan berkurang dan vokal sobat pun akan terdengar lebih baik. Ingat lho sobat, keadaan nervous akan terbaca dan "ketahuan" salah satunya melalui vokal. 
  2. Cobalah untuk menyendiri sejenak, atau jika memungkinkankan berjalan-jalanlah sebentar disekitar tempat pelaksanaan presentasi atau wawancara. Cobalah untuk mengalihkan perhatian kepada "pemandangan baru" disekitar lokasi.
  3. Jangan sekali-kali mengutak-atik materi yang akan sobat sampaikan 15 menit sebelum pelaksanaan presentasi. Karena hal ini bisa membuat keragu-raguan muncul. Biarkan konsep yang telah terekam didalam ingatan sobat dari persiapan sebelumnya.
  4. Carilah teman atau kenalan baru dilokasi presentasi, ajak dia ngobrol-ngobrol mengenai hal-hal yang menyenangkan, misalnya ngobrol mengenai hobi, bercerita menganai hal lain yang menarik  akan membuat sobat menjadi rilex kembali.
  5. Jika masih gagal, cobalah basahi muka, lebih baik lagi berwudhu, kemudian berdoa dan bermohon kepada Allah azza wajalla agar diberi ketenangan, ingat hal-hal yang dapat memotivasi dan menimbulkan semangat kita kembali misalnya dengan mengingat harapan orang tua, atau mengingat anak-anak dan istri dirumah yang menunggu kabar baik dari kita.
Demikian sobat, beberapa tips yang dapat dilakukan jika sobat merasakan nervous ketika akan melakukan presentasi atau wawancara, semoga bermanfaat~Semilir hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri