08.19
22

Sikap Seorang Muslim Jika Bermimpi Buruk~Sobat Semilir, Rasulullah Sallallaahu 'Alaihi Wasallam telah mengajarkan kepada umatnya untuk bersikap dan bertindak sesuai dengan syariat Islam ketika mengalami mimpi yang baik. Demikian juga sebaliknya, Islam juga mengajarkan hal-hal yang merupakan sikap yang mesti diambil oleh seorang muslim jika bermimpi buruk.
Seperti diceritakan pada artikel sebelumnya, mimpi sang bunga tidur, bahwa mimpi buruk tersebut berasal dari syaithan. Syaithan yang senantiasa menggoda manusia bukan hanya ketika manusia dalam kondisi sadar, bahkan ketika manusia dalam keadaan tertidur ! Namun demikian, sebagai seorang muslim kita harus meyakini bahwa tipu daya syaithan itu lemah adanya sebagaimana yang dijelaskan didalam alQuran surat an-Nisa' ayat 76 :
"Sebab itu, perangilah kawan-kawan syaithan itu, karena sesungguhnya tipu daya syaithan itu adalah lemah".
Lalu, apa sebenarnya yang harus dilakukan oleh seorang muslim seandainya dia mengalami mimpi buruk :
  1. Tidak membicarakan perihal mimpi tersebut kepada orang lain meskipun kepada kerabat dekatnya sebagaimana sebuah hadits dari Jabir bin Abdillah Radhiyallaahu 'Anhu dia berkata "pada suatu ketika, seorang Arab pedalaman datang kepada Rasulullah Sallallaahu 'Alaihi Wasallam sambil berkata, Ya Rasulullah, saya pernah bermimpi kepalaku terpenggal, lalu menggelinding dan sayapun mengikuti kemana perginya, Rasulullah menjawab Janganlah kamu ceritakan permainan syaithan dengan mu dalam tidur/mimpimu kepada orang lain. (HR. Muslim).
  2. Berlindung kepada Allah Azza Wajalla dan meludah kesamping kiri tiga kali. Dalam sebuah hadits dikatakan  bahwa Rasulullah Sallallaahu 'Alaihi Wasallam bersabda “Mimpi yang baik adalah berasal dari Allah, sedang mimpi yang buruk berasal dari syaithan, maka barang siapa melihat sesuatu yang tidak disukainya, hendaklah ia meludah kesamping kirinya sebanyak tiga kali, dan mintalah perlindungan kepada Allah dari godaan syaithan. Sesungguhnya mimpinya tersebut tidak akan membahayakannya dan syaithan tidak akan bisa menyerupaiku” (HR. Bukhari)
  3. Mengubah posisi tidur, maksudnya jika seseorang bermimpi buruk dan terbangun, sebaiknya ubah posisi tidurnya sebelum melanjutkan tidur lagi sebagaimana hadits dari Jabir Bin Abdillah, Nabi Sallallaahu 'Alaihi Wasallam bersabda "Apabila ada seseorang yang bermimpi yang tidak disukainya, hendaklah ia meludah tiga kali kekiri dan berlindung kepada Allah tiga kali, kemudian mengubah posisi tidurnya". (HR. Muslim)
  4. Berdiri dan melakukan shalat. Sahabat Abu Hurairah Radhiyallaahu 'Anhu bahwa Nabi Sallallaahu 'Alaihi Wasallam bersabda "Maka barang siapa bermimpi suatu hal yang tidak disukainya, jangan menceritakannya kepada seorang pun, hendaklah ia bangun dan mendirikan shalat".
Demikianlah tuntunan Islam yang sempurna bagi setiap umatnya ketika mengalami mimpi yang buruk. Apa hikmahnya ketika kita tidak menceritakan mimpi buruk tersebut kepada orang lain bahkan kepada kerabat sendiri ? Wallaahu A'lam, yang pasti, tentulah ada hikmah yang besar dimana pelaksanaan syariat akan memberi manfaat yang besar bagi pengamalnya, wallaahu A'lam.

22 comments:

  1. wah mantap artikelnya bro tentang mimpi buruk, tata cara jika bermimpi buruk sudah di jelasin. makasih...

    BalasHapus
  2. Banyak ilmu yang bisa didpat disini, terimakasih mas saya jadi tahu apa yang harus saya lakukan ketika mimpi buruk. :)

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  4. Thanls info, Alhamdulillah mampiiir kesini.

    BalasHapus
  5. setelah membaca artikel ini saya mendapatkan ilmu yang baru terimakasih

    BalasHapus
  6. Banyak ilmu yang bisa didpat disini, terimakasih mas saya jadi tahu apa yang harus saya lakukan ketika mimpi buruk. :)

    BalasHapus
  7. saya sering nggak mimpi nih...

    BalasHapus
  8. Bismilah.

    Tulisan yang bermafaat. tapi hal yang sering saya alami,saya menceritakan mimpu buruk saya karena merasa tidak enak kalau kita tidak bagi pada orang lain atau keluarga.

    insya allah, setelah membaca tulisan ini. saya akan berusaha tidak melakukannya lagi terima kasih tulisannya.

    BalasHapus
  9. ia, jika kita bermimpi buruk maka janganlah membicarakannya dengan orang lain

    BalasHapus
  10. terima kasih jadi kita tidak rekayasa lagi

    BalasHapus
  11. biasa saya mimpi buruk sperti di ganggu jin jika ketiduran belum sholat isya...lgsung terbangun, sholat, dan ngaji.

    BalasHapus
  12. Subhanallah, bgus sekali gan. . . .

    BalasHapus
  13. Waduh, harus meludah 3 kali ke kiri?

    BalasHapus
  14. jika bermimpi buruk, memang sebaiknya kita harus merahasiakannya. karena bisa2 menjadi fitnah yang tidak diinginkan

    BalasHapus
  15. memang mimpi adalah bunga tidur sudah semestinya kita berlindung kepada Nya

    BalasHapus
  16. setan emang sering masuk ke dalam mimpi2

    BalasHapus
  17. bagus artikelnya memang artikel seperti ini yang berguna

    BalasHapus
  18. klo mimpi buruk kadang bisa nangis sendiri

    BalasHapus
  19. makasi atas pencerahannya, karena sebelum mendengar penjelasan ini setiap saya mimpi buruk, saya selalu menceritakan kepada kerabat atau teman dekat.

    BalasHapus
  20. Artikel yg sgt bgus :) trima ksh infonya. saya mw nanya, solat apa ya yg sebaiknya dilakukan stlh mimpi buruk? Niatnya bagaimana? (mohon dijawab)

    BalasHapus

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri