16.12
0

Faedah Berjalan Tanpa Alas Kaki~Sobat Semilir, dalam situs Medicmagic terdapat sebuah studi yang merupakan hasil penelitian mengenai manfaat-manfaat kesehatan yang dapat diperoleh ketika seseorang berjalan tanpa alas kaki dialam terbuka. Disana dicantumkan bahwa berjalan tanpa alas kaki dapat memberikan banyak sekali manfaat diantaranya adalah :
  1. Berjalan tanpa alas kaki memungkinkan kerja otot tertentu dalam menjaga postur tubuh, sehingga keseimbangan tubuh akan terjaga. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya proses peregangan otot, memperkuat tendon, ligamen, pergelangan kaki serta betis.
  2. Membantu mengurangi kecemasan dan depresi sebesar 62 % karena berjalan tanpa alas kaki tersebut dapat meningkatkan kadar endorfin yang menimbulkan efek senang dan bahagia pada manusia. Jadi bagi sobat semilir yang merasa stres, tertekan oleh berbagai macam persoalan baik ditempat bekerja ataupun dirumah, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu sejenak berjalan tanpa alas kaki dialam terbuka. Tapi jangan ditempat-tempat keramaian seperti di mall atau swalayan, bisa-bisa sobat dilihat aneh oleh pengunjung lain. Lakukan hal ini di taman-taman kota atau tempat-tempat dimana banyak orang berolahraga seperti jalan santai atau lari marathon.
  3. Pada telapak kaki terdapat titik-titik syaraf yang mewakili seluruh bagian organ tubuh kita. Tekanan-tekanan pada titik-titik syaraf tersebut akan membantu proses pengobatan pada bagian-bagian organ tubuh terkait yang kurang sehat. Biasanya titik-titik ini dimanfaatkan oleh terapis dalam pengobatan berupa pijat refleksi atau akupressur. Karena kebiasaan kita menggunakan sepatu yang ukurannya sempit sehingga secara simultan tekanan yang diakibatkan oleh sepatu sempit tersebut dalam jangka waktu lama akan menyebabkan titik syaraf-syaraf pada kaki tersebut terganggu yang sekaligus juga mengganggu kinerja organ tubuh yang terkait. Jadi sobat, jangan sekali-kali menggunakan sepatu sempit atau ukurannya pas-pasan karena memang tidak baik untuk kesehatan. Dibeberapa bagian taman kota bahkan dibuatkan jalan berupa susunan batu kerikil yang diatur sedemikian rupa agar dapat merefleksi telapak kakinya ketika berjalan diatasnya.
  4. Tanah yang kita injak adalah bagian dari bumi yang memiliki ion negatif yang dapat berperan sebagai detoksifikasi tubuh, mengurangi efek peradangan, singkroniasasi siklus hormon, serta membantu menyeimbangkan irama fisiologis tubuh serta memberikan efek tenang.
Barangkali ini adalah rahasia sehat beberapa suku-suku asli indonesia yang tinggal dipedalaman dimana mereka tidak menggunakan alas kaki tetapi kesehatan mereka prima. Wallahu a'lam. Justru mereka menjadi pusing ketika menggunakan alas kaki. Dan bagi kita yang sibuk dengan segala aktifitas diluar rumah dimana alas kaki baik itu sandal maupun sepatu sudah merupakan bagian kostum yang wajib digunakan, bahkan merupakan hal aneh dan dicap gila jikalau kita tidak menggunakan alas kaki ditempat-tempat keramaian tersebut. Namun untuk keehatan dan ketenangan hati tidak ada salahnya kita back to nature, berjalan-jalan ditaman kota secara rutin untuk merefleksi kaki kita dan mengambil manfaat dari berjalan tanpa alas kaki ini. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri