21.53
1

Al-Qur'an di Android~Assalaamualaikum, sobat semilir, salah satu amalan yang dianjurkan untuk ditingkatkan volume pelaksanaannya dibulan Ramadhan ini adalah membaca kitab suci al-Quran, mulai dari membacanya hingga mentadabburinya, sehingga disamping beroleh pahala dari amalan membacanya huruf demi huruf insyaAllah, diharapkan dengan membaca al-Qur'an ini kita beroleh hidayah dan petunjuk Allah 'Azza Wajalla serta pelajaran-pelajaran dari kandungan al-Quran tersebut.
Dibulan Ramadhan ini sering kita lihat saudara-saudara kita mengantungi al-Qur'an dengan ukuran mini dikantung baju mereka, untuk kemudian pada kesempatan-kesempatan tertentu mereka membuka dan membacanya lembar demi lembar, apakah di mushalla, masjid, dikantor ketika istirahat atau sedang tidak ada pekerjaan, pokoknya dimana saja ketika kesempatan itu ada. Bukankah hal yang demikian lebih baik dibandingkan kita mengobrol dengan teman sementara obrolan-obrolan tersebut berpeluang menyeret kita kedalam forum pergunjingan maupun gibah. Harapan kita juga pada bulan Ramadhan ini kita dapat mengkhatamkan Al-Qur'an minimal  sekali.
Sobat semilir, diera tenologi seperti sekarang ini, semua hal serba didigitalkan, termasuk Al-Qur'an. Sebahagian kita sudah menggenggam gadget berbasis Android. Sayang sekali jika gadget berbasis android tersebut hanya digunakan untuk menelpon, SMS/MMS, OL, Foto/Video saja. Kenapa tidak kita maksimalkan salah satunya menjadi Al-Qur'an digital. Apa saja kelebihannya ?

  1. Al-Quran digital didalam gadget android sobat dapat dibawa kemana-mana tanpa sobat harus membawa mushaf al-Qur'an lagi. Sehingga lebih simpel, praktis dan sedikit mengurangi beban bawaan.
  2. Al-Qur'an digital karena sifatnya digital, bisa ditutup ketika kita hendak memasuki kamar kecil atau tempat berwudhu, sehingga dapat dibawa kekamar kecil, berbeda dengan mushaf yang harus kita tinggalkan diluar karena kesuciannya. Ntar lupa gimana coba ? Wallaahu A'lam.
  3. Karena sifatnya digital, pencarian surrah, penandaan halaman yang telah dibaca dapat dilakukan dengan cepat, sehingga dimanapun kita berada, akan sangat mudah bagi kita untuk membuka kembali bacaan yang telah kita baca untuk kemudian dilanjutkan. 
  4. Dan banyak keuntungan lainnya.
Nah sobat, saat ini terdapat Al-Quran Android yang dapat sobat unduh di Android Market. Yang jelas aplikasi ini sifatnya gratis. Silahkan sobat unduh dan instalkan didalam gadget android sobat. Ukurannya pun cukup ringkas, hanya 2,08 MB. Beberapa screenshoot berikut ini sedikit memberikan gambaran betapa mudah dan praktisnya menggunakan aplikasi yang satu ini :
Ketika sobat mengaktifkan aplikasi Qur'an Android ini maka akan tampil terlebih dahulu gambar halaman depan Qur'an Android seperti gambar berikut ini :


 
Tunggu beberapa saat , maka pada gadget saobat akan ditampilkan daftar surah beserta Juz dan halaman surrah Al-Quran seperti gambar berikut ini :

Sobat tinggal tap menggunakan telunjuk sobat, Juz atau surah yang akan sobat baca. Dibagian kanan tercantum nomor halaman surat bersangkutan. Dan dibagian atas kanan terdapat dua icon, yang disebelah kiri berbentuk buku terbuka adalah terjemahan. Sobat bisa membuka terjemahan ayat dimaksud, namun sobat terlebih dahulu harus mengunduh translation Arabic To Indonesian, hal ini akan berjalan secara otomatis, jika translation belum terinstal dan sobat men-tap icon translation, maka akan muncul pemberitahuan apakah kita akan mendownload translation. Berikutnya kita akan diminta memilih bahasa yang diinginkan. Dibagian kanan yang berbentuk Pita berwarna orange adalah icon bookmark, dimana jika sobat menandai halaman-halaman yang akan dibaca, sobat bisa memberikan tanda bookmark untuk kemudian bookmark tersebut tersimpan dan dapat kita buka kembali diwaktu yang akan datang.


Bookmark atau penanda halaman yang telah disimpan, dapat sobat pilih seperti gambar diatas.


Jika sobat mentap halaman alquran, maka akan muncul timeline seperti gambar diatas pada bagian bawah layar yang menunjukkan surat, juz dan halaman yang sedang kita baca saat ini. Tampilan al-Quran Android berupa ayat adalah seperti gambar berikut ini :


Ketika sobat menekan tombol menu, maka akan ditampilkan beberapa menu sebagai berikut dibagian bawah layar :

Sama dengan langkah sebelumnya, dari menu yang muncul diatas, maka sobat dapat memilih translation atau terjemahan dan memilih halaman yang sudah ditandai melalui bookmark. Bentuk terjemahan adalah seperti gambar berikut ini :


Demikian sobat, semoga ramadhan semakin mengasyikkan dengan membaca alQur'an melalui Qur'an Android ini.~Semilir hati




1 comments:

  1. Assalamualaikum
    Saya mencoba di Galaxy Y, mengapa setiap kali membuka/run selalu download file (100file, 16+ MB).
    Terima kasih
    Wie
    Malang

    BalasHapus

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri