04.12
0

Manfaat Ngeblog~Semenjak semilir hati di-"create" dan mulai mempublish artikel pertama dengan judul jadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin yang diposting tanggal 7 September 2011, sudah kurang lebih 2 bulan 19 hari semilir hati menemani sobat sekalian. Tak terasa waktu berlalu begitu cepat, namun saya senantiasa berharap agar informasi-informasi yang ditampilkan didalam semilir hati diberkahi Allah Azza Wajalla dan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi siapa saja.
Beragam motivasi dan latar belakang seseorang untuk melangkah dan melakukan suatu hal, namun sepanjang "umur yang masih muda" untuk semilir ini, saya merasakan manfaat yang luar biasa dari hadirnya semilir hati dijagat maya blogosfer tempat dimana ribuan bahkan jutaan blog hadir. Barangkali manfaat ngeblog yang saya rasakan ini menjadi motivasi dan tambahan wawasan bagi sobat sekalian, bahwa blogging bukan hanya sekedar posting-postingan, publish artikel ataupun nampang gambar dan foto melalui blog, lebih jauh dari itu :

  1. Kepuasan. Betapa hati ini menjadi begitu berarti ketika dapat saling nasehat menasehati meski melalui blog. Bercerita mengenai ilmu yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain serta berbagi pengalaman, menimbulkan rasa puas dihati yang tidak dapat diukur dengan materi.
  2. Disiplin. Blog "memaksa" kita untuk disiplin. Ibarat mengelola sebuah taman bunga, agar taman tetap terlihat indah dan menarik, yang membuat pengunjung tidak bosan untuk datang dan menikmati semerbak wangi bunganya, tentu menghendaki perawatan. Sebuah ukuran bagi blogger bahwa statistik menunjukkan keseriusan dalam hal ini meski masih menjadi kontrofersi. Misalnya alexa rank. Blog ini menunjukkan perubahan alexa rank untuk pertama kali diangka 24 jutaan, angka statistik menunjukkan perubahan membaik hari demi hari. Setiap hari memantau perubahan angka statistik, mulai dari jumlah, waktu-waktu perubahan, jumlah penurunan sehingga menimbulkan pola teratur bagi kita untuk mengatur waktu kapan kita harus melakukan publish content. Ketika tiba-tiba alexa rank saya berbalik arah membuat saya tersadar, bahwa mengurus blog harus benar-benar serius.
  3. Pengembangan diri. Setiap hari baik secara alami maupun "dipaksa" saya harus mencari content-content baru yang bermanfaat untuk segera dipublish, hal ini tentu sedikit banyak akan menambah kapasitas pengetahuan umum kita, karena sebelum mempublish katakanlah kita copas, kita akan merangkum berita yang sudah kita baca dengan gaya bahasa sendiri. Saya sebut dengan semioriginal. Disamping itu terkadang agar menempati posisi yang bagus di SERP agar semakin banyak orang yang berkunjung tentu kita akan meningkatkan pengetahuan teknis semacam SEO yang secara otomatis akan membuat diri kita terus mengembangkan diri seiring perubahan iptek diluar sana. 
  4. Menghargai Orang Lain. Didalam dunia bloging tidak tertutup kemungkinan proses copas akan terjadi. Namun lambat laun kita akan merasa, apakah jika artikel ori kita dicopas orang lain terus ngaku-ngakunya itu ori miliknya apakah kita tidak tersinggung ? Karenanya hal ini akan membuat kita menghargai orang lain untuk mencantumkan sumber artikel jika kita akan mengambil artikel secara utuh tanpa merubah gaya bahasa "ala kita".
  5. Berjiwa Besar. Terkadang ada yang usil copas artikel kita trus ngaku-ngakunya artikel dia, ya sudahlah, Allah maha tahu, toh ketika ilmu yang bermanfaat tersebut diamalkan orang lain, maka pahalanya akan mengalir kepada kita bukan ? Maka tidak perlu emosi, biarkan artikel kita yang dicatut menjadi pundi-pundi amal bagi kita melalui jejaring copas semacam MLM (Multi Level Manfaat).
  6. Penghasilan tambahan. Tidak sedikit teman-teman blog menjadikan blog sebagai sumber keuangan pasif dengan berbagai fitur monetizer yang banyak di internet. Walau setakat ini semilir belum akan melirik kesana mengingat traffic yang masih cupu.
Dan saya yakin banyak sekali manfaat-manfaat lain yang belum saya sebutkan. Silahkan sobat menambahin ya. Semoga bermanfaat, keep blogging.~Semilir hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri