16.54
0

Agar Tidak Tertidur Ketika Khutbah Jum'at~Sobat semilir, betapa mulianya ibadah sahalat Jum'at, tetapi banyak yang melalaikannya bahkan tertidur ketika khutbah sedang berlangsung. Padahal banyak sekali fadhilah dan keutamaan-keutamaan ibadah shalat Jum'at ini. Agar Tidak Tertidur Ketika Khutbah Jum'at berlangsung saya memiliki beberapa tips sebagai berikut :

  1. Jangan tidur pada larut malam hari kamis sehari sebelum shalat Jum'at. Usahakan tidur lebih awal agar istirahat cukup dan badan segar ketika bangun dinihari Jum'at. Meski melaksanakan qiyaamullail, InsyaAllah badan akan terasa nyaman.
  2. Jangan pergi shalat Jum'at dalam keadaan lapar, sebaliknya jangan pula pergi shalat Jum'at dalam keadaan kekenyangan, karena hal ini akan membuat mata mengantuk.
  3. Mandi sebelum pergi shalat Jum'at seperti yang dikatakan didalam hadits "Apabila salah seorang kalian berangkat shalat Jum'at hendaklah dia mandi." (HR. Muslim). Dengan begini badan akan terasa segar, disamping kita akan beroleh pahala dengan melaksanakan syariat mandi sebelum shalat Jum'at.
  4. Tidur sebelum mandi dan berangkat shalat Jum'at. Cukup 5 menit saja. InsyaAllah badan kembali segar.
  5. Berusaha untuk memperoleh shaf terdepan, atau setelahnya, jangan mengambil posisi dibelakang, atau bahkan bersandar, karena bersandar akan membuat kita mengantuk. Posisi shaf terdepan disamping merupakan shaf yang paling dimuliakan juga membuat kita lebih fokus.
  6. Laksanakan shalat sunnah tahiyyatul masjid. Gerakan-gerakan ibadah yang satu ini disamping sebagai tuntunan syariat, juga membuat tubuh kita tetap segar dan tidak mengantuk.
  7. Jika khutbah belum dimulai, kerjakanlah shalat sunnah mutlaq berapa sanggup, insyaAllah mata tidak akan mengantuk.
  8. Berusaha untuk khusyu' dan berzikir, ingat bahwa Jum'at merupakan hari yang mustajab untuk berdoa. Dengan penuh harap, takut dan cinta kepada Allah Ta'ala agar do'a kita diijabah, insyaAllah kita tidak akan terbuai untuk tertidur.
  9. Perhatikan wajah, mimik dan isi khutbah sang khatib. Jangan menerawang kepada masalah-masalah diluar mesjid.
  10. Jika kantuk tetap tak terhindarkan, maka sesuai dengan tuntunan syar'i “Jika salah seorang dari kalian merasa ngantuk pada hari jum’at, maka hendaklah ia berpindah dari tempat duduknya ke tempat duduk temannya dan temannya berpindah ke tempat duduknya.” (HR. Al-Baihaqi 238 & Shahihul jami’ 812). Ini adalah langkah terakhir jika kantuk tetap mnyerang, tetapi lakukan dengan tidak berbicara.
Demikian sobat semilir, ingat bahwa ibadah shalat jum'at adalah ibadah yang mulia, bukan ibadah untuk istirahat dan tertidur. Jangan sampai kita kehilangan untuk beroleh kemuliaan dari sisi Allah Ta'ala, Wallahu A'lam~Semilir hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri