17.59
0

Semilir Hati~Sobat semilir, agar terhindar dari Toksoplasmosis berikut beberapa tips yang penulis kutip dari berbagai sumber khusus buat sobat semilir agar terhindar dari toksoplasmosis, semoga bermanfaat :

  1. Cuci tangan sebelum makan, sebaiknya menggunakan sabun pencuci tangan, karena barangkali tanpa sengaja tangan Anda menyentuh benda-benda yang padanya atau mengandung parasit tokso. 
  2. Cuci bersih sayuran atau buah-buahan sebelum dikonsumsi/dimakan.
  3. Apabila anda senang dan hobi memelihara binatang, seperti kucing atau anjing, sebaiknya binatang peliharaan tersebut diperiksa secara rutin ke dokter hewan sebaiknya "sipus" atau binatang lainnya diperiksakan secara rutin kepada dokter hewan untuk mengetahui apakah peliharaan sobat semilir itu terjangkit parasit tokso secara aktif atau tidak.
  4. Apabila kucing atau binatang piaraan tersebut berada pada masa penularan aktif (sekitar 6 minggu), titipkan binatang piaraan tersebut pada tempat penitipan binatang peliharaan atau konsultasikan dengan dokter hewan anda.
  5. Jangan biarkan binatang peliharaan Anda memburu mangsanya sendiri di luar rumah seperti memburu tikus atau binatang lain yang berpotensi membawa toksoplasma dan jangan pula diberikan makanan berupa daging mentah kepadanya.
  6. Jangan mengadakan kontak langsung, baik dengan kandang maupun kotoran hewan peliharaan. Pakailah sarung tangan dan masker penutup hidung dan mulut, dan cucilah tangan sampai bersih. Karena parasit tersebut sangat aktif, jangan lupa untuk membersihkan kandang setiap hari.
  7. Hindari mengonsumsi makanan yang tidak matang atau setengah matang. Juga jangan minum susu yang belum disterilkan, atau daging yang telah dibekukan kurang dari 20 derajat Celcius selama dua hari.
  8. Jangan khawatir apakah daging yang dikonsumsi  tercemar toksoplasma (Toxoplasma gondii) atau tidak. Sepanjang daging tersebut dimasak matang, maka parasit toksoplasma itu insyaAllah akan mati.
  9. Jangan memberi makan hewan peliharaan dengan daging mentah.
Demikian sobat semilir, kesehatan lebih berharga dari uang, karenanya, ia merupakan investasi yang berharga, jagalah kesehatan anda.~Semilir Hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri