19.02
0

Semilir hati, sedih juga nih melihat blog kesayangan seperti kebun yang ditumbuhi ilalang karena tidak terurus, hari ini saya paksakan hati untuk "menyiangi" rumput-rumput liar yang tumbuh disana-sini. My blog, i am coming. Mudah-mudahan blog ini kembali bersinar, memancarkan ilmu dari hati kehati seperti biasa.
Sobat semilir, tak terasa tahun 2012 ini sudah hampir sampai di penghujung Mei, dan hari ini adalah tanggal 27, tepatnya 27 Mei 2012, sebagaimana yang sudah diteliti oleh para ahli bahwa setiap tahun matahari posisinya tepat diatas kakbah sebanyak 2 (dua) kali, 27 Mei 2012 pukul 16:18 WIB dan 16 Juli 2012 pukul 16:27 WIB insyaAllah, ini bukan sebuah kebetulan, tetapi sunatullah, rahmat bagi kita umat Islam untuk dapat dengan mudah mengkalibrasi atau menyesuaikan arah kiblat baik dirumah-rumah kita, mesjid, mushalla maupun tempat-tempat shalat kita yang lain.
Sebaiknya kita tidak menganggap sepele permasalahan ini, dengan alasan yang penting hati kita menghadap kekiblat, padahal Allah telah memudahkan bagi kita untuk membenarkan arah kiblat kita salah satunya dengan cara seperti ini. Barangkali hal ini yang menjadi penyebab selama ini kita tidak memperoleh hidayah karena kita tidak berikhtiar dengan sungguh-sungguh untuk benar-benar menghadap kakbah sebagi kiblat kaum muslimin seluruh dunia ketika menegakkan shalat apakah itu shalat wajib maupun shalat sunnah, wallahu a'lam. Kini saatnya tiba bagi kita untuk menyambut rahmat ini, mari kita cocokkan arah kiblat di tempat shalat-shalat kita.
Caranya adalah, menurut perhitungan para ahli, matahari akan tepat berada diatas kakbah pada pukul 16:08 WIB nanti sore. Mudah-mudahan matahari tidak tertutup awan, cerah dan matahari memancarkan sinarnya dengan jelas. Sobat semilir dapat mengambil benda lurus seperti tongkat misalnya, atau benda-benda lain berbentuk lurus, tegakkan dengan posisi vertikal ditempat shalat kita, lihat bayangan yang timbul, kiblat akan tepat berada pada arah bayangan tongkat tersebut insyaAllah. Jika matahari tetutup awan atau cuaca mendung, dalam kurun 2 hari kedepan insyaAllah cara ini masih akurat untuk menentukan arah kiblat secara tepat wallahu a'lam.
Demikian sobat, untuk mengobat rindu terhadap blog kesayangan ini, jangan lupa nanti sore saatnya bagi kita untuk mengkalibrasi arah kiblat dirumah kita, dan ditempat shalat-shalat kita yang lain. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri