16.05
0

Semilir Hati~Karena blog saya ini memang belum seumur jagung, masih putik barangkali, sehingga banyak perihal mengenai blog yang belum saya pahami. Melihat seo kontes beserta parameter-parameternya banyak yang membuat saya bingung. Salah satu yang membuat saya bingung yaitu apa itu DOFOLLOW dan NOFOLLOW, karena dibeberapa SEO kontes yang saya lihat, mengharuskan blog yang diikut sertakan bersifat DOFOLLOW.
Usut punya usut dan baca sana-sini akhirnya saya mengambil kesimpulan mengenai pengertian dari blog DOFOLLOW dan NOFOLLOW.
Blog yang bersifat DOFOLLOW artinya apabila kita memberi komentar dan meninggalkan hyperlink didalam komentar kita, maka link tersebut akan dianggap sebagai backlink oleh search engine seperti google yang sekaligus akan memberi peningkatan rangking dari alamat yang diterakan didalam hyperlink tersebut, ini akan dicatat sebagai outbound link.
Blog yang bersifat NOFOLLOW tidak memberikan efek peningkatan rangking pada search engine ketika kita memberikan komentar dan meninggalkan hyperlink pada komentar tersebut.
Secara default, blogspot akan memberi status NOFOLLOW pada blog yang baru dibuat. Untuk merubah status ini perlu dilakukan langkah-langkah merubah NOFOLLOW menjadi DOFOLLOW.
Masing-masing sifat blog ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yaitu :

Keuntungan Dan Kerugian Blog Dofollow :
  1. Jumlah komentar lebih banyak terutama dari pengunjung yang ingin mengambil keuntungan backlink gratis. Hal ini merupakan tambahan point untuk meningkatkan pagerank.
  2. Sebagian komentar merupakan SPAM dan tidak berkualitas, misalnya, "informasinya bermanfaat, kunjungi balik ya", "mantap gan, kunjungi balik ya" dsb.
  3. Search engine Google tidak begitu suka dengan blog yang memiliki terlalu banyak outbound link jika dibandingkan dengan inbound link, jumlah outbund link dan inbound link hendaknya seimbang.
Keuntungan Dan Kerugian Blog Nofollow :

  1. Jumlah komentar sedikit karena berasal dari pengunjung tetap blog atau pengunjung baru yang ingin berkenalan. Dapat juga kunjungan berupa blogwalking.
  2. Kualitas komentar yang lebih baik. Umumnya komentar tersebut diberikan disebabkan isi tulisan yang bermanfaat atau berupa pertanyaan untuk meminta penjelasan lebih mendalam.
  3. Google Page Rank tidak akan terpengaruh.
Demikian sedikit dari rangkuman saya tapi masih banyak keuntungan dan kerugian dari dua model blog ini yang saya belum tahu, kalo salah, kan diatas udah saya sampaikan, saya ini baru. Jadi bisa saja salah mengambil kesimpulan. Tolong dikoreksi ya. Selanjutnya terserah anda mo pilih DOFOLLOW atau NOFOLLOW.~ Semilir Hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri